Friday, March 29, 2013

Memanaskan Air di Gelas Plastik

Pada saat kita memanaskan langsung gelas berisi air mineral (seperti memasak dengan panci). Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air. Namun, bukannya gelas meleleh karena panas yang ditimbulkan, justru air yang malah menjadi panas. Lalu kenapa hal ini terjadi? 

Alat dan bahan :
  •  Air mineral
  •  Gelas plastik
  •  Korek api

Langkah percobaan
Dengan alat dan bahan yang tersedia, kita panaskan air (terserah bagaimana caranya). 
Tetapi selama pemanasan, air tidak boleh dipindahkan dari gelas plastik tsb.

Kenapa Gelas Plastik tidak meleleh pada saat dipanaskan ?
Dalam kasus gelas plastik kosong, panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang titik leleh plastik. Namun ketika dalam gelas diisi air, kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air. Secara skematis, alur penghantaran panas dapat dilihat pada gambar.

Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air, dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Karena kalor jenis plastik cukup lama, akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh. air tinggi, waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan sampai suhu yang mampu melelehkan plastik

Alasan :
Gelas plastic dengan air jika dipanaskan tidak meleleh karena, air tersebut akan menyerap energy kalor yang dihantarkan api ke gelas sehingga gelas tidak menerima energy kalor sepenuhnya.

Keunggulan :
Dengan percobaan ini kita dapat membuktikan bahwa air bersifat menyerap kalor

Kelemahan :
Jika pecobaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka gelas tersebut bisa meleleh.

Video:



No comments:

Post a Comment